Seng merupakan sebuah terjemahan dari kata zinc, dalam ilmu kimia biasa dilambangkan dengan Zn. Zn merupakan mineral penting dalam semua sel tubuh mahluk hidup, karena lebih dari 300 macam enzim memerlukannya sebagai kofaktor untuk menjalankan fungsinya.



Zinc memang jarang dibicarakan, mungkin namanya lebih sering muncul pada promosi minuman berenergi dan sebagainya. Mungkin memang begitulah kenyataanya, menjelaskan kandungan tanpa menjelaskan fungsi masing-masing kandungan kimia yang ada didalamnya.

Bagaimanapun juga zinc membantu pertumbuhan manusia dan meningkatkan imunitas. Tanpa kehadirannya, ratusan enzim tidak dapat berfungsi. Beberapa bukti alami menunjukkan bahwa zinc sangat mendukung penyembuhan pada orang tercukupi kebutuhan zinc-nya.

Maka tidak heran jika zinc direkomendasikan untuk pasien pra dan pasca operasi. Tetapi dokter akan lebih mengerti jika pemberian zinc pada orang menderita diare untuk menemani pemeberian cairan.
Pada dasarnya zinc terdapat pada berbagai jenis pangan. Tiram mengandung zinc dalam jumlah yang terbesar pertakaran sajinya. Namun, dalam kehidupan sehari-hari, zinc juga terdapat pada daging dan unggas. Bisa juga zinc diserap dari kacang-kacangan, biji-bijian dan produk susu. Bagaimanapun juga penyerapan zinc akan lebih baik jika lewat makanan hewani. Pada pangan nabati terdapat asam fitat yang menghambat penyerapan zinc.

Orang vegetarian membutuhkan zinc dalam jumlah zinc 50% lebih besar daripada non vegetarian. Hal ini mengacu pada kandungan pangan nabati yang menghambat penyerapan zinc. Maka dari itu pada orang vegetarian disarankan mengkonsumsi suplemen zinc.

Pada orang hamil, defisiensi zinc dapat menghambat pertumbuhan fetus. Kemudian pada orang peminum alkohol lebih sering terjadi defisiensi zinc karena daya cerna dan serap yang rendah terhadap zinc.

Gejala-gejala defisiensi zinc meliputi keterbelakangan pertumbuhan, rambut rontok, penundaan kematangan seksual, impoten dan ruam pada kulit. Gejala lain yang bisa ditemukan adalah penurunan berat badan, penyembuhan luka yang lambat hingga abnormalitas indra pengecap dan penciuman. Seseorang kadang tidak menyadari kalau dirinya mengalami defisiensi zinc. Hal ini terjadi karena tidak spesifiknya gejala defisiensi zinc. Maklum gejala yang sama bisa juga disebabkan karena defisiensi zat gizi lainnya.

Maka dari itu, untuk mencegah kekurangan zinc disarankan mengkonsumsi suplemen zinc. Tentu untuk mengatisipasi hal-hal diatas.


Leave a Reply