Dalam keseharian kita sehari-hari, terkadang kita direpotkan dengan masalah kehidupan yang bertubi-tubi menimpa kita. Seolah-olah kita mau memecahkan masalah dengan meledakkan kepala kita. Tidak tahan dengan nyeri psikosomatis yang tiap hari mendera kita. Tidak heran jika banyak orang di era modern ini menderita bukan karena penyakit tetapi karena masalah stres. Banyak orang pergi ke dokter mengeluhkan sakitnya, walaupun dokter terkadang tidak menemukan apapun pada kita. Bahkan menyuruh kita untuk pergi ke psikiater. Bisa dibilang kita sudah overload beban stres.

Cara yang terbaik terkadang adalah dengan sejenak melupakan masalah kita. Bisa dengan rekreasi, meneruskan hobi atau berdoa. Bisa jadi beberapa hal tersebut merupakan salah satu cara memecahkan masalah  kita. Hanya terkadang karena tuntutan waktu, maka tidak ada dari kita yang sempat melakukan hal tersebut. Orang-orang seperti dipenjara didalam kantor atau kamar sempit, ditambah dengan suasananya yang monoton dan membosankan.


Salah satu cara terbaik untuk mengatasi kejenuhan yang terjadi adalah dengan mendengarkan musik. Ada jutaan musik yang beredar didunia saat ini. Mulai dari yang selembut sutra hingga superkeras seperti batu. Setiap orang mempunyai seleranya sendiri dalam mendengarkan musik.

Di dalam berbagai literatur penelitian  disebutkan bahwa musik mempunyai banyak manfaat dalam bidang kesehatan. Sebagai contoh, musik dapat meningkatkan suasana hati. Dalam jurnal Nature Neuroscience menunjukkan bahwa musik favorit dapat membantu mengatasi suasana hati yang buruk. Dalam beberapa hal mendengarkan musik yang dengan nada rendah dapat meningkatkan memori dan kualitas tidur seseorang.

 Salah satu genre musik yang saya sukai adalah musik instrumental dari Kenny G. Kenny G terkenal dengan instrumental saxofonnya yang lembut. Sehingga cocok bagi orang yang dikerubung masalah. Salah satu lagunya yang terkenal adalah The Moment. Entah kenapa di kasih judul the moment. Mungkin saja The Moment sangat cocok didengarkan dalam moment apapun, tidak terlalu melankolis dan tidak terlalu nyeleneh. Alunan suara yang keluar dari saxofonnya sungguh lembut layaknya kita terbuai dalam suasana sejuk. Bagi saya lagu ini dapat menenangkan pikiran ketika saya tertimpa masalah.

Sebenarnya tidak hanya itu saja musik instrumental yang terkenal dari Kenny G. ada banyak judul lagu lain yang tak kalah asyik. Misalnya My Heart Will Go On-nya mengingatkan kita akan kisah romantis dalam film Titanic. Mungkin akan membantu kita untuk bersifat romantis kepada pacar kita, karena masalah pacaran menjadi salah satu masalah pelik. Ada juga lagu Loving You yang membuat kita untuk lebih mencintai orang yang tercinta bagi kita. Sehingga kita tidak mengungkit-ungkit kekurangan kekasih kita. Ketika orang-orang disekitar kita mengatakan bahwa kekasih kita “agak buruk rupa” mungkin sudah layaknya mendengarkan lagu “You’re Beautiful”.

Akhirnya kututup tulisan ini dengan mendendanngkan lagu “Going Home”. Mari pulang dengan perasaan bahagia, seperti halnya saya menyelesaikan tulisan ini waktu di kampus.


Selamat tinggal.


Leave a Reply