Sudah menjadi hal wajib bagi saya, ketika membuka internet yang pertam saya lakukan adalah langsur meluncur ke website library.nu. Facebook tinggal aja deh, facebook masih kalah menarik menurut saya jika dibanding library.nu. Walaupun keduanya tidak bisa dibandingkan karena berbeda golongan. Alangkah sedihnya ternyata library.nu tidak bisa diakses lagi, hanya ada tulisan,” THE DOMAIN (‘’library.nu”) HAS BEEN REVOKED BY.NU DOMAIN.
Seperti yang kita ketahui, kita bisa mendapat buku-buku high quality disini, buku kuliah, bercocok tanam, hingga hal sepele disediakan dalam buku elektronik  yang bisa didownload gratis oleh anggotanya. Jadi tidak perlu ke amazon, atau ke google book untuk mencari buku berkualitas tinggi.
Saya mengenal alamat ini dari teman saya. Biasanya teman saya juga mendownload buku dari sini. Bahkan selama satu semester saya tidak pernah membeli buku cetak, dan hanya menggunakan buku download-an library.nu.  
Buku disana kebanyakan dari penerbit kelas atas semua, Lippincott Williams, Mc Graw Hill, Springer dan seabrek penerbit lainnya.  Bahkan saya pernah mendownload buku Kamus Bahasa Indonesia dan Sang Pemimpi di sana. Ternyata ada juga penerbit dari Indonesia.
Namun akhir-akhir ini seperti yang sudah sayajelaskan, library.nu sudah tidak dapat diakses lagi oleh anggotanya. Konon katanya yang saya dapat di situs lokal kompasiana, library.nu merupakan salah satu pembajak buku terbesar di dunia bisnis. Selain library.nu ada juga ifile.it yang merupakan gudang file buku tersebut  juga ditutup. Selain itu kedua web itu dengan cara ilegal telah memeperkaya perusaahaan sendiri dengan merugikan hak-hak intelektual penulis dan penerbitnya.
Keduanya merupakan website dari Irlandia dan telah mengapalkan 400.000 buku, dan mendapat keuntungan sebesar 8 million euro atau sekitar 10 juta dollar pertahun dari tahun 2010. Jumlah yang sangat besar, dan tidak terbayang seperti apa uang sebanyak itu.
Merasa dirugikan oleh kedua perusahaan itu, 17 perusahaan penerbitan yang tersebat di Amerika, Inggris, Jerman bahkan didukung oleh penerbit top lainnya menuntut kedua perusahaan ini. Denda yang dikenakan sebesar 250.000 euro per copy buku atau penjara selam 6 bulan.
Kalo begitu sudah tidak ada harapan dong bagi yang berkantung cekak?
Tentu masih ada situs download buku gratis lainnya dengan kualitas yang mungkin tidak setara dengan library.nu. ada banyak situs buku yang bisa didownload dengan gratis. Misalnya dari en.bookfi.org dan lain sebagainya bisa cari sendiri di mbah google.
Toh saya sudah mendownload beberapa dari library.nu, jumlahnya memang tidak terlalu banyak, akan tetapi ya  lumayanlah untuk menambah pengetahuan kita. Kalom gratis masa ada yang mau nawar lagi?
Oke walaupun ilmu pengetahuan bukan seharusnya ditutupi lagi, jika melanggar peraturan ya begitulah.
Selamat tinggal library.nu semoga akan ada situs seperti dirimu lagi. Semoga kau tenang di dunia maya sana.
Loving you always.


Leave a Reply